Pebisnis
saat ini sering melakukan transaksi lintas budaya, sehingga
keterampilan lintas budaya menjadi sangat dibutuhkan. Jelaskan
pentingnya memahami variasi budaya dan uraikan empat kategori yang
terdapat dalam perbedaan budaya tersebut.
Dalam
menyusun pesan-pesan bisnis, ada tiga tahap yang diperlukan agar
pesan tersebut efektif , yaitu planning,
writing
dan
completing.
Jelaskan tiga tahap tersebut !
Jelaskan
faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan seorang penyampai
pesan dalam memilih media yang digunakan agar pesannya efektif.
Dalam
tahap writing,
seorang penyampai pesan disarankan menggunakan “you”
attitude.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan “you”
attitude
dan
mengapa hal ini penting agar pesan yang disampaikan menjadi
efektif.
Dalam
menjalankan komunikasi bisnis terkadang pelaku bisnis juga harus
menyampaikan surat yang pesannya berisi informasi yang negatif.
Namun sebagai pelaku bisnis yang baik dam berkomunikasi, mereka
dituntut untuk menyampaikan informasi yang negative tersebut melalui
media dan pendekatan yang terbaik sehingga menimbulkan kesan yang
baik dan positif baik bagi pengirim maupun penerima pesan. Pada
lampiran soal terdapat contoh dua buah surat penolakan lamaran
pekerjaan disampaikan oleh Direktur SDM Earns & Young, Roberto
Carlos kepada seorang pelamar, Mario Lopez melalui e-mail.
Dalam
komunikasi bisnis , ketika menyampaikan pesan negative kepada
kliennya, pelaku bisnis yang baik harus tahu kapan saat ia
menggunakan pendekatanlangsung (direct)
dan
kapan saat ia menggunakan pendekatan tidak langsung (inderect).
Sebutkan alasan mengapa pengirim pesan sebaiknya menggunakan
pendekatan direct
dan
indirect
dalam
menyampaikan pesan negative.
Expressive
e-mail yang
menunjukan ketidakpuasan. Pernahkah anda atau perusahaan dimana
tempat anda bekerja mendapatkan suatu pengalaman yang benar-benar
tidak memuaskan ketika anda atau perusahaan anda membeli sebuah
produk atau jasa dan menggunakannya. Dan sekali lagi sebagai pelaku
bisnis yang baik , dalam berkomunikasi anda dituntut dapat
menyampaikan pesan ekspresi ketidakpuasan anda dengan cara yang baik
sehingga menimbulkan kesan yang baik dan positif bagi kedua belah
pihak. Buatlah sebuah e-mail
yang persuasif tentang ekspresi ketidakpuasan anda pada suatu kasus
tertentu. Spesifikasikan yang anda inginkan bagi pembaca e-mail
anda.
Dalam
komunikasi bisnis terkadang perusahaan mengalami suatu peristiwa
yang menuntut pihak perusahaan untuk menyampaikan permohonan maaf
kepada kliennya, namun ada pihak-pihak yang pro dan kontra terhadap
perlunya pernyataan permohonan maaf yang disampaikan oleh pihak
perusahaan tersebut kepada kliennya. Menurut
anda apakah pihak perusahaaan perlu membuat surat permohonan maaf
secara langsung kepada kliennya apabila memang pihak perusahaan yang
bersalah yang terkadang pesan tersebut harus disampaikan dalam kolom
surat pembaca pada surat kabar? Jelaskkan pendapat anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar