Berdoa

Berdoa
Doa Hari ini

Minggu, 28 Desember 2014

Kewirausahaan (Tugas 2 Ganjil 2014/15 STIE TN)

Kerjakan di Ms. Word (kertas A4, margin @ 3 cm), dikumpulkan melalui email, paling lambat tgl. 9 januari 2015.


  1. Buatlah proposal kewirausahaan dengan format sebagai berikut :

    Wirsausaha yang berhasil salah satunya adalah terencana dan targeted. Upaya untuk menajamkan dan mengkonsentrasikan wirausaha ini, adalah dengna menyusun rencana usaha atau disebut dengan proposal usaha. Gunanya,  memberikan informasi yang terperinci, unik dan menarik mengenai usaha yang dikelolanya sehingga dapat memberikan keyakinan dan ketertarikan pihak lain untuk bekerjasama, yang dituangkan dalam bentuk proposal.

    Proposal usaha merupakan media komunikasi secara menyeluruh yang sangat penting bagi seorang wirausaha untuk menjelaskan profil usaha yang akan dijalankannya dan menjelaskan bagaimana wirausaha dapat merealisasikan proposal usaha tersebut. Pada proposal usaha intinya terdiri dari sasaran dan strategi, yang dimaksud sasaran adalah apa yang ingin dicapai dan strategi adalah tindakan wirausaha untuk mencapai sasaran tersebut.

    SISTEMATIKA PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA
  1. Halaman Depan
    a. Cover
    b. Kata Pengantar
    c. Daftar isi 

  2. Uraian Usaha
  1. Latar Belakang usaha
  2. Prospek perusahaan
  3. hambatan yang dihadapi
  4. pemecahan masalah usaha
  1. Produk
  1. Bentuk
  2. Jenis Kegunaan
  1. Lokasi
  1. Backward Linkage
  2. Forward linkage
  1. Pasar dan Segmen Pasar
  1. Segmen pasar untuk pemasaran hasil produksi
  2. jenis pasar yang dimasuki
  3. posisi perusahaan dalam pasar
  1. Persaingan
  1. jumlah pesaing
  2. strategi dalam menghadapi persaingan
  1. Laporan Keungan
  1. Neraca
  2. Rugi/Laba
  3. Titik pulang pokok (BEP)
  4. Sumber permodalan
  1. Sumber Daya Manusia
  1. Jumlah karyawan
  2. Latar belakang pendidikan karyawan
  1. Pendanaan
  1. Alokasi kebutuhan dana
  2. Total kebutuhan dana
  1. Lampiran
  1. Surat izin usaha
  2. data penelitian pasar
  3. surat perjanjian lainnya





     Penjelasan Sistematika Penyusunan Proposal

    A. URAIAN USAHA
    Pada bagian ini wirausaha dapat memberikan penjelasan singkat tentang usaha yang sedang atau akan dijalankan, latar belakang pemilihan bidang usaha dan prospek usaha dimasa mendatang, keunggulan bidang usaha yang dipilihnya, kendala –kendala bisnis beserta antisipasi pemecahannya.


    B. PRODUK
    Spesifikasi produk diuraikan secara rinci mulai dari bentuk, ukuran, jenis, kegunaan, keistimewaan kuantitas hasil produk setiap periode dan lain-lain
    Hal-hal yang perlu dipertimbangkan wirausaha dalam memilih produk yang akan dihasilkan adalah :
    1.      Permintaan konsumen terhadap produk
    2.      Kebutuhan konsumen yang bellum teridentifikasi
    3.      Daya beli konsumen
    4.      Persaingan dalam pasar
    5.      sumber-sumber daya yang menunjang produksi


    C. LOKASI
    Lokasi usaha harus dicantumkan dalam proposal usaha karena lokasi merupakan bagian dari aspek pemasaran disamping harga dan promosi.

    2 (dua) hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha
    1. Backward Linkage (hubungan ke belakang) yaitu hubungan yang berkaitan dengan cara memperoleh bahan baku yang berdampak pada besarnya biaya produksi.
    2. Forward Linkage (hubungan ke depan) yaitu hubungan yang berkaitan dengan daerah hasil pemasaran yang terkait dengan masalah penjualan dan distribusi produk untuk sampai ke tangan konsumen
    Hal –hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi usaha  antara lain
      • Dekat dengan sumber bahan baku/sumber daya
      • Dekat dengan pasar (transportasi )
      • Tanggapan/penerimaan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar

     

    D. PASARPasar merupakan tempat orang melaksanakan transaksi, sebelum memasuki pasar , wirausaha harus menetapkan segmen pasar, target konsumen ,strategi pemasaran termasuk juga kebijakan harga.
    5 (lima) jenis pasar yang menjadi sasaran wirausaha dari produk perusahaannya yaitu :
    1 . Pasar monopoli
    2. Pasar persaingan sempurna
    3. Pasar oligopoly
    4. pasar monopolistis
    5. Pasar Monopsoni


    1. Pasar Monopoli
    Merupakan bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual atau produsen di dalam pasar yang menghasilkan barang dan tidak ada barang pengganti nya atau barang substitusinya.
    Contoh pasar monopoli di Indonesia PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) dan PT Kereta Api Indonesia    (PT KAI)

    2. Pasar Persaingan sempurna
    Merupakan bentuk pasar dengan banyak produsen atau penjual dan pembeli. Produk yang dihasilkan bersifat homogen atau sejenis dan produsen bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan. Contoh pasar persaingan sempurna beras, gandum, gula dll
    3. Pasar Oligopoli
    Merupakan bentuk pasar dimana terdpat beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dan saling ketergantungan antar perusahaan (produsen)  dan banyak terdapat pembeli, contoh pasar oligopoly adalah pasar semen, industri mobil dan pasar layanan selular.
    4. Pasar Monopolistis
    Dalam pasar ini terdapat cukup banyak produsen atau penjual yang menjual produk sejenis tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
    Contoh pasar monopolistik pada produk sampoo, pasta gigi, sabun dll meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi setiap produk yang dihasilkan berbeda memiliki cirri khusus misalnya aroma, warna, kemasan dll.
    5. Pasar Monopsoni
    Adalah bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menawarkan hasil produksinya hanya kepada satu pembeli tunggal saja.
    Contoh pasar monopsoni adalah penjualan perangkat kereta api yang hanya dibeli oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).


    E.PERSAINGAN
    Perusahaan harus bisa menjelaskan posisi usahanya dan pesaingnya dalam pasar yang ada
     Posisi perusahaan  dapat diklasifikasikan  sebagai berikut :
    1.          Pemimpin pasar   (Market leader)
    2.          Penantang pasar (Market Challanger)
    3.          Pengikut pasar (Market Follower)
    4.          perelung pasar  (Market Nicher )
    ad 1) Pemimpin Pasar  (Market Leader )
    Perusahaan ini menguasai bagian terbesar dalam pasar (40% pasar) . Pemimpin pasar umumnya memiliki cukup kekuatan untuk mengendalikan harga dan harus berusaha mempertahankan posisinya didalam pasar agar tidak direbut oleh perusahaan pesaing.  Untuk mempertahankan posisinya perusahaan harus menyediakan dana yang besar untuk biaya promosi.
    ad 2) Penantang Pasar (Market Challanger )
    Merupakan urutan kedua dari pemimpin pasar, menguasai 30% pasar dan dapat menyerang market leader dan pesaing-pesaing lainnya dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan, “ perang harga ” dan menggencarkan promosi untuk merebut bagian pasar.
    ad. 3)  Pengikut Pasar ( Market Follower )
    Menguasai 20% pasar, pengikut pasar lebih suka menawarkan hal-hal yang serupa dan meniru produk perusahaan pemimpin pasar. Pengikut pasar memiliki pangsa pasar yang tidak terlalu banyak tetapi tetap setia pada produknya
    Ad.4) Perelung Pasar  (Market Nicher )
    Perusahaan jenis ini menguasai 10% bagian pasar mencoba masuk ke celah-celah pasar yang aman dan menguntungkan yang dilupakan atau terlewatkan oleh perusahaan besar. Perelung pasar merupakan pesaing bagi perusahaan pengikut pasar dan cenderung menghindari persaingan dengan perusahaan besar.


    F.LAPORAN KEUANGAN
    Perusahaan yang baru memulai usaha harus menyertakan rencana modal, estimasi biaya dan pendapatannya,sedangkan yang telah memiliki usaha wajib menyertakan laporan keuangan yang lalu dalam rencana usaha .
    Laporan keuangan meliputi neraca perusahaan, laporan laba/rugi,analissis titik impas (BEP) serta sumber permodalan, jadi bisa dinilai kemampuan riil maupun potensi perusahaan.


    G.MANAJEMAN USAHA
    Dalam proposal usaha wirausaha harus  menguraikan bentuk kepemilikan, struktur modal, peranan organisasi perusahaan, status badan hukum usaha yang akan dijalankan apakah berbentuk badan usaha perseorangan, Firma, CV, Perseroan Terbatas atau bentuk badan usaha lainnya.



    H. PERSONALIA (sumber daya manusia)
    Pada bagian ini wirausaha dapat  menjelaskan susunan personalia dalam struktur organisasi perusahaan,lengkap dengan jumlah pegawai dan latar belakang pendidikan.    


    I.PROPOSAL KREDIT
    Dalam proposal kredit wirausaha mengajukan sejumlah dana yang diperlukann dalam           mengembangkan usahanya,serta rincian alokasi penggunaan dana.



    J. LAMPIRAN-LAMPIRAN
    Hal penting yang perlu dicantukan wirausaha pada bagian ini adalah dokumen-dokumen penting perusahaan seperti akta pendirian perusahaan, SIUP, sertifikat tanah dan sebagainya.
    Sistematika Penyusunan Proposal Usaha








Tidak ada komentar:

Posting Komentar