SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Definisi
Merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa
Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur :
1. ROP (Reorder Point)
suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali.
2. MRP (Material Requirements Planning)
suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
3. MRP II (Material Resources Planning)
suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja. Sistem ini hanya untuk memperkerjakan mesin secara efektif
4. JIT (Just In Time)
suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau tepat pada waktu nya
5. CIM (Computer Integrated Manufacturing)
suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien. CIM menggabungkan robotika, CAM kontrol mesin
Soal N0. 2
SISTEM
INFORMASI PEMASARAN
Pemasaran
adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan
mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui
penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa
dan gagasan. Sistem Informasi Pemasaran merupakan sistem informasi yang
menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
• Prinsip pemasaran
Bauran pemasaran adalah
strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P :
1. Product
Menyediakan informasi
mengenai produk yang dihasilkan
2. Promotion
Menyediakan informasi
tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung
3. Place
Menyediakan informasi
tentang jaringan distribusi
4. Price
Menyediakan informasi yang
membantu manajer dalam membuat keputusan harga
Kelompok Informasi
Pemasaran
1. Informasi Produk
menyangkut produk yang
dijual dan produk-produk kompetitor
2. Informasi Promosi
Menyangkut cara, media dan
waktu promosi yang dilakukan
3. Informasi Tempat
Menyangkut lokasi atau
tempat menjual produk
4. Informasi Harga
Menyangkut harga produk,
termasuk harga dari kompetitor
• Penelitian Pemasaran
Melakukan penelitian khusus
mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen
dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Data Yang akan dikumpulkan untuk
penelitian pemasaran:
1. Data Primer
2. Data Sekunder
Data yang dikumpulkan:
1. Data Primer : data yang
dikumpulkan oleh pihak perusahaan
Cara yang digunakan untuk
mengumpulkan data primer :
a. Survey
b. Wawancara mendalam
c. Pengamatan
d. Pengujian terkendali
2. Data sekunder : data yang dikumpulkan oleh pihak lain.
Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, majalah, buku atau internet.
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
• Riset Pemasaran (Marketing Research)
DIMINTA:
Jelaskan Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran terhadap unsur 4 P bauran pemasaran !
Soal No. 3
Jelaskan yang dimaksud dengan sistem penunjang keputusan !!
dan Jelaskan pula sejarah munculnya sistem penunjang keputusan
Soal No. 4
Jelaskan yang dimaksud dengan informasi sebagai sumber strategis ?
dan bagaimana perencanaan strategis untuk sumber-sumber informasi !
Soal No. 5
Jelaskan komponen-komponen yang terdapat dalam sistem pakar !
Soal No. 6
Jelaskan yang dimaksud dengan sistem informasi berbasis !
dan Sebutkan peranan otomatisasi perkantoran dalam pemecahan masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar